Bupati Tobasa Sayangkan Penggeledahan di Kantor Disnaker, Kadis Tidak Koordinasi

Senin, 16 September 2019

Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian sangat menyayangkan adanya penggeledahan Kantor Dinas Tenaga Kerja oleh Tim Kejaksaan Negeri Balige, Senin (16/9/2019. Sebab selama ini tidak ada bentuk penyampaian atau laporan dari dinas sedang ada persoalan hukum yang dihadapi.

Demikian disampaikan Bupati Tobasa melalui Kepala Bagian Hukum Pemkab Tobasa, Lukman Siagian, Selasa (17/9/2019) di Kantor Bupati di Jalan Sutomo Balige.

"Seharusnya, pimpinan SKPD memberitahukan kepada pimpinan bahwa saat ini ada proses atau pemeriksaan oleh aparat hukum akan kegiatannya," ujar Lukman.

Dia mengatakan, sejatinya pimpinan SKPD atau ASN ketika ada mendapat pemeriksaan oleh aparat harusnya menyampaikan atau koordinasi dengan pimpinan, yakni bupati maupun Sekda, meskipun disposisinya kepada bagian hukum.

"Sekarang apa mau kami sampaikan, kita percayakan kejaksaan menjalankan tugas sesuai dengan prosedur," ucapnya.

Kata Kabag Hukum, ketika ada permasalahan hukum yang dihadapi oleh ASN apabila koordinasi dengan pimpinan secara otomatis akan membahas secara struktural seperti Inspektorat dan penasihat hukum Pemkab.

"Kalau ada informasi kepada pimpinan tentu disposisi akan kami terima di Bagian Hukum. Sampai saat ini informasi atau bentuk panggilan sama sekali belum pernah sampai pada kami," terangnya menyebut informasi penggeledahan baru diketahui dari media.

Menurut Kabag Hukum, meskipun demikian adanya satuan kerja yang saat ini sedang mendapat pemeriksaan oleh APH maka disampaikan dirinya akan secepatnya melaporkan kepada pimpinan.

"Kita tunggu kehadiran bupati yang saat ini mengikuti kuliah umum di Univestas Nommensen di Medan. Setibanya beliau kami akan minta pendapat sekaligus sebagai laporan," paparnya.