Komisi III DPR Ingatkan Kepala Desa di Tobasa Hati-Hati Kelola Dana Desa

Kamis, 21 Pebruari 2019

MITRAPOL.com, Tobasamosir – Wakil Ketua Komisi III DPR-RI Trimedya Panjaitan, SH MH mengungkapkan agar penggunaan dana desa (DD) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dikelola secara baik dan benar tidak asal-asalan atas kehendak Kepala Desa (Kades).

“Hati-hati kepala desa, pengelolaan uang negara tidak boleh asal semua harus sesuai dengan mekanisme, karena pertanggungjawabannya adalah ke negara” ujar Trimedya Panjaitan saat memberikan pencerahan hukum kepada para kepala desa, perangkat desa, camat, kepala sekolah, pengawasa, pimpinan OPD di Aula SMKN 1 Balige, Kamis (21/02/2019)

Trimedya Panjaitan juga mengatakan, pentingnya dana desa adalah atas program pemerintah yakni Presiden Joko Widodo, untuk itu apabila Kades membuat pertanggungjawaban tidak sesuai dengan aturan maka akan ditangung sendiri akibatnya yaitu akan berurusan dengan hukum.

“Setiap hari Presiden selalu membicarakan dan mengingatkan para kepala Desa harus menjalankan dana desa dengan baik dan benar dan atas persetujuan rapat desa. Dan apabila diluar mekanisme pelaksanaannya, maka tidak ada ampun,” ujar trimedya.

Wakil Ketua Komisi III DPR ini juga menegaskan dari sisi hukum khususnya kepada Kepala Desa, “Saat ini di Tobasa sering terjadi laporan warga kepada aparat hukum atas penyelenggaraan dan pengelolaan dana desa yang diduga ada penyimpangan. Kepada aparat hukum kalau memang benar salah harus diproses sesuai hukum,” tegasnya.

Sementara iut, Kabag Hukum Pemkab Tobasa, Lukman Siagian SH menyebutkan Pendidikan atau pencerahan hukum kepada seluruh aparat pengelola anggaran keuangan negara adalah sangat perlu. Dengan penyuluhan tersebut, diharapkan penyelewengan atau kebocoran uang negara dapat diminimalisir.

“Tujuan kita bagaimana penyelenggaraan anggaran oleh pengelola anggaran tidak merasa was-was menjalankan tugasnya. Dengan adana penjelasan seperti ini maka seluruh penyelenggara dapat memahami serta mengerti dan berhati hati dalam menjalankan tugas,” ujar Lukman Siagian SH

Acara sosialisasi hukum yang diikuti oleh seluruh Aparat Desa, Kepala Desa, Camat, Kepala OPD dan Kepala Sekolah selain dihadiri Bupati Tobasa Darwin Siagian juga adir Kepala Kejaksaan Negeri Balige, Kapolres Tobasa yang diwakili oleh Kasat Reskrim AKP. Nelson Sipahutar dan Ketua KPU Hendri Pardosi dan Bawaslu. (Abdi S)